15 Pengusaha Muda yang Sukses Berbisnis, Bahkan Jadi Miliarder

Jakartaweekly.com – Menjadi orang yang sukses dengan menghasilkan uang yang banyak tidak mesti harus menunggu menjadi dewasa atau harus sudah lulus mendapatkan titel sarjana ekonomi. Belajar berwirausaha, berbisnis dan menghasilkan uang dapat dilakukan dalam usia dini, sambil tetap menikmati masa-masa muda. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah anak-anak muda, bahkan ada diantaranya remaja belasan tahun yang mampu menghasilkan uang lebih besar dari penghasilan orang tuanya, bahkan meraih predikat miliuner dunia.

1. Sabirul Islam

Pada usia 13 tahun, Sabirul mulai mengenal dunia entrepreneurship berkat sepupunya yang menawarkan pekerjaan untuknya. Pada saat usianya 14 tahun, ia mengumpulkan 6 orang temannya untuk membangun sebuah perusahaan kecil yang bernama Veyron Technology. Kelompok usaha yang berfokus pada desain web tersebut berhasil mendapatkan penghasilan lebih dari 9 juta rupiah dalam dua minggu pertamanya. Selanjutnya di usia yang ke 17, Sabirul menerbitkan sebuah buku karangannya yang berjudul The World at Your Feet yang berisi tentang visi misi serta kiat sukses menjadi pengusaha muda. Kesuksesan peluncuran buku tersebut juga diikuti oleh keberhasilan permainan ciptaannya “Teen-Trepreneur”. Kini, pria yang besar di kota London tersebut tengah mengerjakan berbagai project seperti website interaktif, perusahaan penerbit, penulis, dan lainnya.

2. Robert Pera

Robert Pera pada awalnya adalah seorang insinyur teknisi hardware di perusahaan Apple. Pada tahun 2005 ia memutuskan keluar untuk membangun perusahaan jaringan internet murah bagi masyarakat dunia. Setelah perusahaannya yang bernama Ubiquiti Network go public tahun 2011 dengan penawaran di bursa saham, ia kemudian meraih predikat milyuner dengan total kekayaan $1,5 Milyar di usianya sekarang 37 tahun.

3. Mark Bao

Saat usianya 15 tahun, Mark Bao mulai belajar menghasilkan uang. Dengan kemampuan menggunakan program Visual Basic 6.0, ia mencoba membuat aplikasi sederhana yang dapat membantunya dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah, termasuk menulis papers. Aplikasi yang sederhana dan praktis tersebut membuat teman-temannya tertarik untuk memakainya. Dari sanalah ia mulai belajar mendapatkan uang dengan menjual aplikasi tersebut ke teman-temannya. Saat ia duduk di bangku kelas 1 SMA, ia mulai belajar membangun bisnis start-up, Debatware.com, yang merupakan sebuah sistem manajemen untuk acara debat. Akhirnya project debate organization tersebut menjadi yang terbesar di Amerika Serikat. Dalam usianya yang kini memasuki 22 tahun, Mark Bao telah berhasil menjadi entreprenur muda yang menghasilkan uang milyaran rupiah.

BACA JUGA :  Pria Ini Berharta Rp 283 M Tapi Makan di Kantin dan Pakai Baju Murah

4. Ayman Hariri

Ayman Hariri juga merupakan anak dari Rafic Hariri yang kedua. Sama seperti adiknya, Fahd Hariri, Ayman berhasil membawa warisan ayahnya terus melejit dengan berbagai mega proyek yang ia kerjakan, seperti pembangunan Princess Noura Bint Abdulrahman University for Women dan King Abdullah Financial District di Arab Saudi. Pria yang tengah berusia 37 tahun tersebut memiliki kekayaan bersih sebesar $1,3 Milyar.

5. Farrhad Acidwalla

Farrhad adalah seorang mahasiswa 23 tahun di kota Mumbai, India. Pria yang lahir di Pune tahun 1993 lalu merupakan pendiri dari Rockstah Media, sebuah situs development bidang marketing perusahaan pada tahun 2009. Saat usianya 12 tahun, ia telah berhasil membangun sebuah website komunitas. Farrhad dianggap sebagai pengusaha muda yang berbakat. Banyak majalah, surat kabar, dan portal bisnis yang mereview tentang kehidupannya, termasuk dalam sebuah buku yang mencatatkan dirinya sebagai 25 entrepreneur muda top yang berusia di bawah 20 tahun. Walaupun Farrhad sibuk dengan bisnisnya, ia tetap meluangkan waktunya untuk bermain bersama teman, games PS, membaca, dan juga bermain gitar.

6. Sean Parker

Sean Parker saat ini berusia 36 tahun dan merupakan orang termuda ke delapan yang menjadi milyuner di tahun 2013. Sean adalah presiden pertama di perusahaan Facebook. Saat ini ia juga menjabat sebagai pimpinan perusahaan Plaxo, Causes, dan juga jejaring sosial versi video Airtime. Pemuda kelahiran Virginia tersebut telah sukses mengumpulkan kekayaan lebih dari $2,1 Milyar.

7. Fahd Hariri

Jika anda sering nonton berita di tv tentang dunia timur tengah, tentu anda pernah mendengar nama Rafic Hariri, seorang mantan perdana menteri Lebanon yang terbunuh pada tahun 2005 oleh serangan teroris. Fahd Hariri adalah putra perdana menteri tersebut yang kini tinggal di Prancis. Jiwa pengusaha dan harta yang diwariskan dari ayahnya membuat ia bisa meraih kesuksesan di usia muda. Fahd sekarang berumur 35 tahun dan berhasil mengumpulkan kekayaan lebih dari $1,3. Milyar.

BACA JUGA :  Daftar Perusahaan Yang Dimiliki dan Dikendalikan Oleh Prabowo Subianto

8. Emil Motycka

Ketika Emil baru berada di bangku kelas 8 yaitu pada umur 13 tahun, ia telah memulai berbisnis jasa pemotongan rumput halaman. Orang tuanya membantunya dengan memberikan pinjaman sekitar $8.000 untuk membeli perlengkapan mesin pemotong rumput yang lebih canggih. Dalam dua tahun, Emil berhasil mengembalikan uang pinjaman tersebut. Saat usianya 16 tahun, pria yang tinggal di Colorado tersebut membeli sepasang mobil truck dan trailer untuk memperbesar wirausahanya. Dua tahun kemudian ia berhasil mengumpulkan uang lebih dari satu milyar rupiah, lalu kemudian beristirahat untuk fokus kuliah di Universitas Colorado. Tahun 2012 lalu, ia diberi Award oleh pihak Gedung Putih sebagai bagian dari 100 entrepreneur muda yang menjadi inspirator remaja.

9. Yang Huiyan

Wanita asal China yang sekarang berusia 34 tahun tersebut adalah seorang pebisnis di bidang properti. Ia didaulat sebagai wanita milyarder termuda di dunia berkat warisan kekayaan dari ayahnya di tahun 2006. Meskipun demikian, Huiyan bukan wanita manja yang terbuai dengan harta ayahnya. Ia adalah wanita cerdas yang berhasil membawa perusahaan ayahnya terus berkibar dan kini ia memiliki aset kekayaan sekitar $4,7 Milyar.

10. Dustin Moskovitz

Dustin Moskovitz merupakan teman sekelas Mark Zuckerberg di Universitas Harvard. Ia juga merupakan karyawan ketiga di saat mulai berdirinya Facebook. Pada tahun 2008, ia keluar dari Facebook dan mendirikan perusahaan sendiri yang bernama Asana. Kekayaannya kini mencapai $3,5 Milyar sehingga didaulat sebagai miliarder termuda di dunia. Tahun 2013 ini usianya sekitar 31 tahun.

11. Mark Zuckerberg

Pimpinan Facebook ini usianya terpaut 8 hari lebih tua dari Dustin Moskoviyz. Bersama rekannya tersebut, Mark memutuskan untuk berhenti dari kuliah dan mendirikan jejaring sosial Facebook yang kini menjadi social network nomor satu di dunia. Setelah Facebook melantai di bursa saham, kekayaannya melonjak drastis menjadi $17,5 Miliar. Di profil Facebook Zuckerberg, ia menyebutkan tertarik pada “keterbukaan, menciptakan sesuatu yang membantu orang-orang terhubung dan berbagi segala hal yang penting bagi mereka, revolusi, aliran informasi, minimalisme”. Zuckerberg lebih enak melihat warna biru karena kebutaan warna merah-hijau yang dialaminya; biru juga merupakan warna dominan di Facebook.

BACA JUGA :  Hunian bagi para Pebisnis di Kawasan Segitiga Emas

12. Adora Svitak

Adora Lily Svitak adalah seorang remaja putri uang lahir tahun 1997. Ia dikenal sebagai seorang penulis yang menghasilkan berbagai karya seperti puisi, essay, buku, novel, dan juga punya blog sendiri yang beralamat di adorasvitak.com. Adora mulai dikenal publik Amerika ketika ia berumur 7 tahun di acara Good Morning Amerika karena kemampuannya dalam dunia tulis-menulis. Dengan kegemaran membaca dan kemampuan menulisnya tersebut, Adora kemudian menerbitkan buku novel bertajuk “Yang in Disguise” di tahun 2011 yang telah ia rancang 5 tahun lamanya. Buku lainnya yang juga dikenal dan banyak dibeli anak-anak dan remaja adalah Flying Finger yang berisi tentang kiat-kiat menulis yang menyenangkan. Selain sebagai penulis, Adora juga didaulat sebagai juru bicara dalam kampanye gemar membaca Verizon Reads dan menjadi aktivis di berbagai organisasi. Kini gadis yang telah berusia lebih dari 20 tahun tersebut telah mampu menghasilkan uang ratusan juta rupiah di usianya yang masih belia.

13. Eduardo Luiz Saverin

Eduardo Saverin adalah satu dari lima orang pendiri Facebook. Pria kelahiran Brazil tahun 1982 tersebut merupakan pebisnis di bidang internet dan investor di beberapa perusahaan start up, seperti Qwiki dan Jumio. Pada tahun 2012 lalu, ia memiliki saham 5% di Facebook. Tapi setelah Facebook menjadi perusahaan publik, aset kekayaannya melonjak lebih dari $2 Milyar.

14. Scott Duncan

Scott Duncan merupakan salah satu anak dari empat anak Dan Duncan. Dan Duncan adalah seorang pengusaha bidang energi yang meninggal tahun 2010 lalu. Scott Duncan yang kini berusia 33 tahun berhasil menambah pundi-pundi kekayaannya berkat saham perusahaan milik ayahnya tersebut naik lebih dari 25%. Kini ia menjadi milyarder dengan total harta sebanyak $4,1 Milyar.

15. Albert Von Thurn Und Taxis

Albert tercatat sebagai seorang milyarder pada usia 8 tahun dimana ia adalah pewaris kekayaan keluarga ayahnya yang meninggal tahun 1990. Pria yang lahir tahun 1983 tersebut mewarisi castil mewah, rumah istana, dan perusahaan utama bidang postel ternama Thurn und Taxis yang berdiri sejak abad 16. Albert von Thurn und Taxis kini memiliki kekayaan sebesar $1,5 Milyar.

Demikianlah beberapa anak muda yang telah sukses memanfaatkan waktu mudanya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna, khususnya dalam dunia bisnis. Semoga dapat memberi inspirasi untuk anda semua. Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.