5 Ide bisnis yang bisa dijalankan lewat smartphone

5 Ide bisnis yang bisa dijalankan lewat smartphone.

Indonesia, berdasarkan data dari e-Marketer, menduduki peringkat keempat sebagai negara pengguna aktif smartphone di dunia. Di peringkat pertama bercokol China yang diikuti India dan Amerika.

Data juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah pengguna smartphone dari yang hanya 55 juta orang di 2015 meningkat hingga 100 juta orang di 2018.

Di balik tingginya angka pengguna smartphone, tinggi pula lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Berikut adalah beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan hanya melalui smartphone yang kita miliki yang dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Game online

Kalau memang Anda suka bermain game online, lebih baik untuk menekuninya secara serius. Tidak perlu takut hanya akan membuang-buang waktu, karena melalui game online, Anda bisa menghasilkan banyak uang.

BACA JUGA :  Kisah Sukses Ferdha Bisnis Kue Dalam Toples

Anda bisa mencoba bermain beberapa game online lalu membangun akun Anda sendiri hingga akun tersebut bisa untuk dijual pada orang lain.

Tipsnya adalah harus jeli dalam memilih game online yang sedang viral dan akan segera viral. Lalu Anda bisa membuat akun seimpresif mungkin sampai bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

2. Reseller/Dropshipper

Sebagai negara terbesar keempat pengguna aktif smartphone di dunia, maka tidak mengherankan kalau Indonesia juga dinobatkan sebagai pasar e-commerce terbesar di Asia Tenggara.

Anda juga bisa menjadi salah satu bagian dari pasar e-commerce dengan ikut menjadi reseller atau dropshipper barang-barang yang dijual online.

3. Barang bekas

Barang bekas ternyata masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Second hand stuff atau yang biasa di sebut barang preloved jadi salah satu sumber keuangan yang bisa didapatkan hanya melalui smartphone.

BACA JUGA :  Garuda Indonesia tak Lagi Andalkan Penjualan Tiket

Peminat barang-barang seperti ini di Indonesia cukup tinggi jadi Anda tidak perlu khawatir tidak laku.

4. Jual tiket online

Untuk berjualan tiket online, Anda tidak perlu membuka bisnis travel yang modalnya cukup besar. Dengan smartphone saja, Anda sudah bisa berjualan tiket pesawat.

Caranya, yaitu dengan registrasi pada maskapai yang Anda anggap tepat lalu promosikan tiket-tiket yang ditawarkan pesawat tersebut kepada keluarga, teman, atau bisa juga promosi di media sosial.

5. Jual kerajinan tangan

Kalau Anda seorang yang cukup kreatif dalam menghasilkan kerajinan tangan, maka alangkah lebih baiknya untuk menjual hasil karya Anda secara online.

Tidak perlu kerajinan tangan yang sulit dibuat seperti lukisan cat minyak atau pahatan patung. Anda bisa menjual gelang-gelang etnik, kantong belanja lipat, kalung handmade atau produk kerajinan tangan lainnya.

BACA JUGA :  WOW, PTPN V Kembalikan Lahan 2.800 Hektare ke Negara

Kemudian Anda bisa menggunakan smartphone untuk memasarkan barang-barang tersebut ke group-group chat dan juga ke sosial media yang kamu miliki. Nah, itu dia beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan hanya dengan smartphone yang kita miliki. Tertarik untuk memulai bisnis yang mana?

Source : Merdeka.com