Press "Enter" to skip to content

Bill Gates Beri Bocoran Soal Pembuatan Vaksin COVID-19

Pandemi corona yang tengah berlangsung membuat Bill Gates co-founder Microsoft angkat suara. Ia pun memberikan saran kepada banyak pihak tentang bagaimana cara menghadapi penyebaran COVID-19. Melalui unggahannya di GatesNotes, Bill Gates memuat tulisannya yang telah terbit di New England Journal of Medicine.

Suami dari Melinda Gates tersebut mengatakan langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membantu negara berkembang. Ini sudah ia katakan dari jauh-jauh hari pada bulan Februari.

“Dengan membantu negara-negara di Afrika dan Asia Selatan bersiap-siap, kita bisa menyelamatkan banyak nyawa dan memperlambat sirkulasi global dari virus,” tulis Gates.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dunia butuh kerja keras untuk menemukan pengobatan dan vaksin untuk COVID-19. Menurutnya, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations telah mempersiapkan delapan vaksin yang dijadikan kandidat untuk percobaan klinis.

BACA JUGA :  China Kerahkan Militer untuk Tangani Virus Corona Wuhan

Jika salah satu atau lebih dari vaksin terbukti aman dan efektif pada percobaan hewan, mereka akan bersiap pada skala lebih besar sekitar bulan Juni. Untuk obat-obatan, sang filantropi menuturkan bisa ditemukan dengan mengakselerasi komponen yang telah teruji aman dan menggunakan teknik screening terbaru. Sebelumnya ia menyatakan, vaksin massal mungkin tersedia dalam waktu 12 sampai 18 bulan.

“Semua langkah ini akan membantu mengatasi krisis saat ini. Tetapi kita juga perlu membuat perubahan sistemik yang lebih besar sehingga kita dapat merespons lebih efisien dan efektif ketika epidemi berikutnya tiba. Sangat penting untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memperkuat sistem perawatan kesehatan utama mereka,” ujarnya.

BACA JUGA :  Kate Middleton dan Meghan Markle Diserang di Medsos, Kerajaan Minta Bantuan Instagram

“Saat Anda membangun klinik kesehatan, Anda juga menciptakan bagian dari infrastruktur untuk memerangi epidemi. Petugas kesehatan yang terlatih tidak hanya memberikan vaksin; mereka juga dapat memantau pola penyakit, yang berfungsi sebagai bagian dari sistem peringatan dini yang akan mengingatkan dunia akan kemungkinan wabah,” demikian Bill Gates menyampaikan.

Terakhir, pria kelahiran Seattle, Amerika Serikat, ini menyebut meskipun rintangan yang ada sangatlah banyak dan berliku, kita semua pasti bisa menyelamatkan dunia dari ancaman virus corona.

Bill Gates sendiri melalui yayasannya telah menggelontorkan dana hingga Rp 1,3 triliun untuk pencegahan COVID-19 di dunia. Nah, sekarang adalah saatnya kita untuk bergerak dengan cara masing-masing membantu memutus mata rantai corona. Setidaknya, #dirumahaja, lah.

BACA JUGA :  Ajak Burung Naik Pesawat Sampai Mobilan di Mall, Ini 4 Potret ‘The Real Sultan’ di Arab

Source : Detik.com

Shares