Jadi Timses Prabowo, Ini Dia Deretan Bisnis yang Didirikan Kwik Kian Gie

Jakartaweekly.com – Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi RI Kwik Kian Gie kembali ramai dibicarakan setelah merapat ke koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun, kali ini kita gak bahas pengalaman politiknya, melainkan kiprah Kwik di dunia bisnis.

Pria keturunan Tionghoa ini sebetulnya gak hanya sekadar politikus senior, melainkan juga seorang pakar ekonomi dan pengusaha.

Setelah lulus SMA, pria kelahiran 1935 ini melanjutkan studi ke Universitas Indonesia. Setelah lulus, dia langsung lanjut ke Nederlandsche Economiche Hogeschool, Rotterdam, Belanda.

Usai lulus dan mendapat gelar master, dia sempat bekerja di Kedutaan Besar RI di Belanda. Pria asal Pati, Jawa Tengah ini sempat menganggur ketika balik ke Indonesia pada 1970. Pada tahun inilah dia memutuskan buat membangun usaha yang ternyata bisa sukses besar.

Penasaran dengan deretan perusahaan-perusahaan yang didirikan Kwik Kian Gie dan rekan-rekannya? Yuk simak di sini.

1. PT. Indonesian Financing & Investment Company

PT. Indonesian Financing & Investment Company merupakan perusahaan pertama yang didirikan Kwik. Beberapa rekan Kwik yang terlibat dalam pendirian perusahaan yang bergerak di bidang keuangan ini adalah Ferry Sonneville dan Indra Hattari.

BACA JUGA :  Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia 2018

Kwik berani mendirikan perusahaan keuangan karena merasa piawai dalam hal ekonomi, dan bisnis.

Menurut situs Kwikkiangie.com, PT. Indonesian Financing & Investment Company adalah lembaga keuangan non-bank pertama di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tanpa izin, karena pada saat itu pemerintah RI emang belum punya regulasinya.

2. PT. Cengkeh Zanzibar

PT. Cengkeh Zanzibar berdiri pada tahun 1972, atau gak lama setelah PT. Indonesian Financing & Investment berdiri. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini adalah perusahaan perkebunan yang bergerak di sektor budidaya cengkeh.

Sebetulnya perusahaan ini bukan murni milik Kwik Kian Gie, melainkan didirikan bersama rekan bisnisnya yang lain.

Pada tahun 2000, PT. Cengkeh Zanzibar memutuskan buat melakukan diversifikasi usaha dengan menanam buah-buahan. Mereka menanam di lahan seluas puluhan ribu hektare.

PT. Cengkeh Zanzibar juga punya anak usaha yang bergerak di bidang agro-wisata. Bisnis itu bernama Plantera Fruit Paradise.

BACA JUGA :  5 Anak Muda Terkaya Di Indonesia

3. PT. ABN Amro Finance

ABN Amro merupakan bank nomor tiga terbesar di negeri kincir angin. Kabarnya, hadirnya ABN Amro di Indonesia juga gak luput dari peranan Kwik Kian Gie.

Bisa jadi, Kwik jadi salah satu co-founder PT. ABN Amro Finance di Indonesia.

Menurut informasi di Wikipedia, ABN Amro mulai beroperasi dengan nama RBS pada tahun 2008. Pada 4 Agustus 2009, RBS mengumumkan penjualan unit perbankan ritel dan komersialnya kepada PT. ANZ Panin Bank.

4. Institut Manajemen Prasetya Mulya

Pasti kamu tahu dong sama kampus bergengsi yang satu ini. Prasetya Mulya merupakan sekolah Magister Bisnis Administrasi (MBA) pertama di Indonesia yang didirikan Kwik dan Profesor Panglaykim pada 1982.

Sebagai salah satu sekolah bisnis ternama dan tua, Prasetya Mulya udah melahirkan pengusaha-pengusaha sukses lho. Sebut aja seperti Andanu Prasetyo pemilik Kopi Tuku, Anita Feng pemilik Royal Garden Spa and Reflexiology, dan masih banyak lagi.

5. IBBI dan Kwik Kian Gie School of Business

Selain Prasetya Mulya, Kwik juga mendirikan sekolah bisnis IBBI. Dia mendirikannya bersama Djoenaedi Joesoef dan Kaharuddin Ongko tahun 1987.

BACA JUGA :  2 Sosok Wanita dalam Daftar Terbaru Orang Terkaya Indonesia

Pada awal berdiri, mereka menyelenggarakan program pendidikan setara S1 dengan gelar BBA (Bachelor of Business Administration).

Pada tahun 1993, IBBI berubah nama jadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI. Ketika itu mereka juga menyelenggarakan program S2 (master). 10 tahun kemudian, IBBI udah punya program studi sampai S3 alias doktoral.

Saat ini, IBBI juga punya program studi lain di luar ekonomi. Mereka punya ilmu komunikasi dengan jurusan broadcast dan marketing communication. Sekolah ini berubah nama jadi Kwik Kian Gie School of Business tepat pada Oktober 2012.

Itulah usaha-usaha yang didirikan Kwik bersama rekan-rekan bisnisnya. Terbukti kan kalau dia jawara di bidang bisnis dan ekonomi.

Kabarnya, sejak duduk di bangku SMA, Kwik Kian Gie udah tahu apa yang dia pengin capai dalam hidup. Karena itu, dia bisa sukses.

Tentu aja kisah sukses ini bisa jadi contoh buat kita semua. Buat kamu yang berdomisili di Jakarta, ada banyak jenis usaha yang bisa menjadi ladang bisnis. Tapi, buat kamu yang mau buka bisnis di Jakarta jangan pilih 5 usaha rawan gagal ini ya.

Source : Moneysmart.id

Shares