Press "Enter" to skip to content

Kim Swift, Perempuan Desainer Game Paling Berpengaruh di Dunia

Industri game bukan cuma dominasi kaum lelaki. Ada sejumlah perempuan yang punya pengaruh besar, salah satunya adalah Kim Swift.

Tentu bahagia bukan memainkan game seru dengan gambar yang apik. Semua itu adalah berkat jasa para desainer dan developer game.

Nah, ada designer game perempuan yang sudah memberikan kontribusi cukup besar di perkembangan industri game. Dia menjadi salah satu tokoh dari ‘30 Under 30′ tokoh berpengaruh di industri video game oleh Majalah Fortune, dikutip detikINET dari globalshakers, Minggu (7/3/2021).

Mari perkenalkan, Kim Swift, seorang desainer game perempuan lulusan DigiPen yang sempat terkenal karyanya di Valve dengan judul-judul besar seperti Portal, Half life 2 dan Left 4 Dead.

BACA JUGA :  iPhone 13 Usung Notch Lebih Kecil dan Pemindai ToF Lidar

Awalnya, saat ia sedang berada di DigiPen, Kim dan teman-temannya membuat game berbasis fisika yang sangat unik, sehingga menarik perhatian Valve. Kemudian perusahaan game ini mempekerjakannya untuk membuat game yang cukup terkenal, Portal, dikutip detikINET dari gameindustrycareerguide.

Swift bersama dengan penulis Erik Wolpaw juga sempat memenangkan penghargaan sebagai Game Developer Choice Award untuk desain, inovasi, atas upaya mereka dalam merancang game. Swift juga mengembangkan game Left 4 Dead (2008) dan Left 4 Dead 2 (2009).

Dikutip dari Gamasutra, Kim Swift meninggalkan Valve pada 2009, tindakan ini menjadi kejutan di Industri game. Kemudian Swift segera muncul di Airtight Games sebagai pemimpin proyek baru studio untuk membantu membangun dan memimpin tim khusus dalam membuat game.

BACA JUGA :  Huawei Digencet Amerika, Siapa Untung Siapa Rugi?

Lahirlah Quantum Conundrum pada 2012 bekerja sama dengan Square Enix. Setelah meninggalkan Valve, Swift menjadi manajer desain senior di Amazon mulai April 2014.

Pada Januari 2017, dirinya berperan sebagai Direktur Desain Studio di Motiv Studio milik Electronic Arts, yang terkenal karena mengembangkan game Star Wars Battlefront II, dan bekerja sama dengan pionir lain seperti Jade Raymond dan Amy Hening. Semuanya adalah perempuan.

Banyak betul ya, game terkenal yang dia ciptakan.

Source : Detik.com

Shares