Pria Ini Berharta Rp 283 M Tapi Makan di Kantin dan Pakai Baju Murah

Zong Qinghou

Jakartaweekly.com – Pria yang pernah menjadi pria terkaya di China dengan harta mencapai Rp 283 triliun ini memiliki gaya hidup yang menginspirasi. Zong Qinghou begitu namanya merupakan pengusaha China pendiri dari Wahana Group, salah satu perusahaan minuman ringan terbesar di China.

Berdasarkan situs Forbes, Zong Qinghou pernah menjadi orang paling kaya di China pada 2012. Dan pada 2013, posisinya turun ke posisi dua daftar orang terkaya di Negeri Matahari Terbit tersebut. Meski demikian tetap kekayaannya melimpah mencapai US$ 20 juta atau sekitar Rp 283 miliar.

Seperti dikutip dari The Extraordinary, Zong Qinghou tidak menjadi kaya dalam sekejap. Merangkak dari bawah dan mencicipi kemiskinan, Zong mencoba berbisnis menjual minuman susu dengan modal pinjaman 140 ribu yuan atau sekitar Rp 283 ribu. Bisnisnya terus berkembang berkat kerja kerasnya hingga dia memiliki perusahaan Wahana Group.

BACA JUGA :  Harga iPhone Diperkirakan Naik 20% Gara-gara Perang Dagang, Koq Bisa?

Pernah menjadi orang miskin ternyata tidak serta merta membuat Zong Qinghou berubah setelah sukses dan memiliki harta hingga triliunan rupiah. Justru yang mengejutkan darinya, salah satu pria terkaya di China ini memilih hidup sederhana. Setiap harinya dia hanya menghabiskan US$ 20.

Dalam kesehariannya, Zong Qinghou juga memakai busana-busana berwarna pucat atau basic dan memilih sneakers sebagai alas kakinya. Dalam sebuah wawancara terungkap, pria 73 tahun itu lebih suka membeli baju yang murah, meskipun uangnya melimpah.

“Orang-orang tidak bisa tahu apakah aku memakai baju berharga ribuan atau ratusan, jadi kenapa aku harus menghabiskan uangku untuk baju?” katanya.

Kesederhanaan Zong tak hanya sampai di situ saja. Setiap harinya, pengusaha yang berada di urutan ke-35 daftar orang terkaya dunia pada 2014 itu lebih suka makan di kantin bersama para karyawannya.

BACA JUGA :  Produksi alat berat meningkat hingga 42%

Dalam hal etos kerja, Zong Qinghou selalu mengumandangkan pada para karyawannya tentang pentingnya bekerja keras untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Menurutnya kerja keras lah yang bisa mengangkat seseorang dari kemiskinan.

“Kalau kamu memberikan uang kepada orang miskin, mereka hanya akan menghabiskannya,” begitu ucapnya.

Source : Wolipop.detik.com