Press "Enter" to skip to content

Termasuk Catatan Serena Williams, 4 Rekor Fantastis di Australia Terbuka

Australia Terbuka akan menjadi turnamen Grand Slam pembuka di musim 2021. Setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, turnamen ini akan berlangsung Senin (08/02/21) hingga Minggu (21/02/21).

Sebelumnya untuk pertama kali, babak kualifikasi akan diadakan di luar Australia. Doha, Qatar, akan menjadi tuan rumah pemanasan untuk para pemain putra dan Dubai akan menggelar turnamen kualifikasi untuk pemain putri.

Para peserta diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ketat, termasuk melakukan karantina mandiri selama dua minggu sebelum bertanding. Sejumlah petenis top sudah menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi, seperti Novak Djokovic, Rafael Nadal, hingga Serena Williams.

Namun peraih gelar Grand Slam 20 kali, Roger Federer, memutuskan untuk absen di turnamen ini. Pasalnya, ia tak mau berpisah dari keluarganya selama lima minggu.

Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dan pemain asal Amerika Serikat Sofia Kenin akan bertanding sebagai juara bertahan.

BACA JUGA :  Kemenangan Besar AC Milan Atas Juventus Jadi Kemenangan Pioli

Australia Terbuka menawarkan total hadiah sebesar 71,5 juta dolar Australia atau sekitar Rp780 miliar. Para pemenang tahun ini akan membawa pulang hadiah senilai 2,75 juta dolar atau sekitar 30 miliar rupiah.

Namun sebelum menyaksikan para petenis papan atas berlaga di Australia Terbuka, simak deretan rekor yang tercipta sepanjang turnamen ini diselenggarakan.

Peraih Gelar Terbanyak

Secara total baik sebelum dan pasca Open Era, pemain terbanyak yang juara di sektor tunggal putra Australia Terbuka adalah petenis Serbia, Novak Djokovic. Total ia pernah juara delapan kali di sini, yakni pada 2008, 2011–2013, 2015–2016, 2019–2020.

Sementara di sektor tunggal putri, petenis tuan rumah Margaret Court pernah juara sebanyak 11 kali. Margaret Court juga merupakan petenis pengoleksi gelar Grand Slam terbanyak dengan 24 gelar.

BACA JUGA :  Sedang Naik Daun, Juara Tinju Ryan Garcia Malah Berencana Pensiun Dini

Sementara petenis putri yang juara terbanyak setelah Open Era adalah Serena Williams. Ia sudah juara tujuh kali, yakni pada edisi 2003, 2005, 2007, 2009–2010, 2015, 2017. Menariknya, terakhir kali ia juara, Serena dalam keadaan hamil delapan minggu.

Usai melahirkan Alexis Olympia Ohanian, Jr pada September 2017, Serena telah mencapai babak semifinal empat turnamen Grand Slam. Namun ia belum sanggup untuk kembali naik podium juara. Ia akan berkesempatan untuk menyamai rekor gelar Grand Slam Margaret Court di Australia Terbuka mendatang.

Juara Termuda

Petenis tuan rumah kembali mencatatkan rekor lainnya di Australia Terbuka. Ken Rosewall menjadi tunggal putra termuda yang pernah juara, tepatnya saat berusia 18 tahun dan 2 bulan pada 1953 silam.

Sementara rekor juara termuda di tunggal putri dipegang oleh legenda tenis asal Swiss, Martina Hingis. Ia juara di edisi 1997 ketika masih berusia 16 tahun 4 bulan. Hingis sendiri sudah tiga kali juara di Australia Terbuka secara beruntun, pada tahun 1997-1999.

BACA JUGA :  Tolak Pensiun, Legenda Barcelona Perpanjang Kontrak dengan Klub Jepang

Juara Tertua

Juara tertua di sektor tunggal putra adalah Ken Rosewall saat berusia 37 tahun 2 bulan pada 1972 lalu. Ia sendiri sudah pernah enam kali juara di Australia Terbuka. Sementara untuk tunggal putri, petenis Australia lainnya yakni Thelma Coyne Long pernah juara di 1954 ketika berusia 35 tahun 8 bulan.

Kemenangan Terbanyak

Kurang rasanya bila tidak menyebut nama Roger Federer ketika membicarakan rekor-rekor dalam dunia tenis. Di Australia terbuka, ia masih tercatat memegang kemenangan terbanyak yakni dalam 102 pertandingan, dimulai sejak 1999.

Sementara di sektor tunggal putri, siapa lagi kalau bukan Serena Williams. Petenis berusia 39 tahun ini mencatat 87 kemenangan sejak 1998.

source : indosport.com

Shares