Tiga Trik Pemasaran yang Wajib Kamu Terapkan Jika Pengin Produk Jualan Laku Keras

Jakartaweekly.com – Seorang pengusaha wajib mengetahui bagaimana cara menjual produk. Kalau kamu saat ini tengah menjalankan sebuah bisnis, penting banget untuk mempelajari keterampilan supaya apa yang dijual laku keras.

Mungkin sebagian besar orang berpendapat bahwa keterampilan berbisnis itu adalah bakat dari lahir. Eits, kata siapa? Semua orang memiliki kemampuan penjualan yang lebih baik dan berbeda-beda kok.

Melansir dari laman Forbes, berikut tiga prinsip dasar kamu menjadi lebih baik dalam menjual atau mempromosikan produk tersebut.

1. Pelajari cara membangun hubungan

Pertama-tama, kamu harus mempelajari bagaimana membangun hubungan yang baik. Tentu ini didapatkan ketika kamu baru pertama kali bertemu seseorang, baik itu calon klien, pembeli, atau investor sekalipun. Bangun hubungan dari percakapan yang ringan agar suasana hening dapat terpecahkan dengan baik, meski tak semua orang menyukai prinsip ini.

BACA JUGA :  Pasangan Tajir! Ini Dia 5 Bisnis Zaskia Sungkar dan Irwansyah

Kamu bisa memulai dengan menceritakan bagaimana perjalanan kariermu bermula. Pancing lawan bicara untuk ikut menceritakan bagaimana mereka bisa sampai di posisi saat ini. Hal ini baik dilakukan karena kamu bertanya sesuatu hal yang akan memancing tanggapan pribadi lawan bicara. Mereka merasa kamu benar-benar peduli dan tertarik dengan perjalanan hidupnya.

2. Pelajari cara memahami seseorang

Kesalahan umum yang seringkali terjadi adalah penjual selalu mendominasi percakapan terhadap calon pembeli mereka dengan menjelaskan secara rinci setiap hal yang ada pada produk. Berharap bahwa calon pembeli tersebut setidaknya menemukan hal menarik dari produk yang kamu jual. Sayangnya, calon pembeli biasanya tidak akan tertarik dengan penjelasan tersebut. Mereka berfikir apakah produk yang kita jual sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

BACA JUGA :  Ramadan sebentar lagi, Amroossa hadir menyambut dengan menu dan paket berbuka

Jika kamu paham maksudnya, sebelum memulai percakapan, ada baiknya mencari tahu alasan mereka menghubungi. Apa masalah mereka, apa motivasi mereka menghubungi kamu, dengan berusaha memahami motivasi mereka kamu menunjukkan rasa kepedulian yang tinggi. Tenaga penjual terbaik akan pandai menjaga percakapan dengan klien potensial dengan mengajukan banyak pertanyaan kepada mereka sampai titik temu. Satu cara sederhana untuk menjadi lebih baik lagi adalah kamu harus belajar untuk tidak menerima satu kata jawaban seperti ya atau tidak. Sebagai gantinya, tanyakan “mengapa tidak?” Atau “dapatkah kamu menguraikannya?”

3. Pelajari rasa percaya diri

Langkah ketiga untuk menjadi lebih baik dalam penjualan kamu belajar agar terdengar lebih percaya diri. Mulai dengan latihan selama 30 menit sehari mengenai apa produk yang kamu tawarkan. Bagaimana cara kerja, slogan, dan apa manfaatnya. Mempraktikkan kata-kata tepat yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu akan membantu kamu menghindari kesan bertele-tele.

BACA JUGA :  Dominasi GoPay dan OVO Bikin Sri Mulyani Khawatir

Bagaimanapun, bicara bertele-tele merupakan pertanda kalau kamu kurang percaya diri. Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah diam. Lebih baik diam ketimbang kamu bicara panjang lebar tak tentu arah. Terakhir, mulai setiap percakapan penjualan dengan struktur yang rapi, dan tutup dengan langkah spesifik.

Source : Moneysmart.id