Tokoh Papua Minta Polisi Bijak Usut Pengibar Bendera Bintang Kejora di Depan Istana

Jakartaweekly.com – Mantan Wali Kota Jayapura, Michael Manufandu meminta aparat kepolisian menangani terduga pelaku pengibar bendera bintang kejora di Istana, menangani secara bijaksana. Supaya tidak menimbulkan perlawanan masyarakat Papua.

“Kalau memang itu terjadi memang mereka harus atur dengan bijaksana supaya tidak menimbulkan perlawanan,” kata Michael di kawasan Cikini,¬†Jakarta¬†Pusat, Sabtu (31/8).

Michael menyebut, ingatan kolektif orang Papua selalu ada. Dia meminta, gerakan tersebut tidak dicap sebagai mewakili orang Papua. Tetapi segelintir orang. Sehingga, harus dinasehati satu orang tersebut supaya tidak mengibarkan bendera bintang kejora.

“Kemudian kita berusaha untuk memutus ingatan kolektif itu, bahwa itu bukan kesalahan politik tapi perorang. Kalau dianggap mengatasnamakan semua orang Papua itu bukan orang Papua yang bergerak, itu satu dua orang. Dua orang itu yang ditegur dinasehati,” jelasnya.

BACA JUGA :  Perayaan Satu Dekade DWP Siap Gebrak Panggung GWK di Bali

Saat peristiwa demo di depan Istana, Michael berada di sana. Dia mengaku telah menasehati pendemo yang mengibarkan bendera.

“Kita nasihati sampai dia bosan dengar atau kita bosan menjelaskan. Sudah terjadi mutual communication,” ucapnya.

Source : Merdeka.com

Shares